oleh

PELANTIKAN PEMANGKU TO MATUA ULU SOMPONA SEPU’TOLI TOLINNA PANGANTARAN BALO

-Daerah-618 views

Lapisnews.com, Mamasa – Pelantikan ( Bassean Bayu Bayu bahasa Mamasa ) pemangku To Matua Ulu Sompo na Sepu’ dilaksanakan oleh Pemangku Adat ( Indona Tokeran Sepu’) Arruanpawa ( Adolpina Demmassa’bu ) di Batarirak desa Balla Satanetean Kec.Balla Kab.Mamasa pada hari Sabtu tanggal 8 Oktober 2021.

Acara ini dihadiri oleh Pemangku Adat dari Rambusaratu’ ,Talinga Rara’ Messawa dan dari Tandukkalua’ Malabo serta tokoh Adat dari berbagai wilayah, Pengurus Lembag Adat Kabupaten Mamasa Gerzon Montonglsyuk S.Th, tokoh Agama, tokoh Pemuda dan Perempuan, Camat Balla Paulus Daenlaganna, S.Sos, Kepala Desa Satanetean Yusuf Demmandulu’, S.Sos dan masyarakat Balla. Dan tetap mematuhi protokol kesehatan, cuci tangan dan pakai masker serta jaga jarak.

Pada acara ini pemangku adat yang baru dilantik Sareong Demmanapa’ menyampaikan akan memangku jabatan kehadatan ini dengan baik dengan berpedoman pada adat istiadat yang berlaku diwilayah tersebut, yang tidak bertentangan dengan agama dan undang undang, kemudian memohon kepada keluarga dan warga masyarakat untuk turut membantunya.

Selanjutnya Pengurus Lembaga Adat Kabupaten Mamasa mengutarakan bahwa Pelantikan ini adalah bagian dari pelestarian budaya sebagai salah satu obyek wisata karena pariwisata adalah salah satu andalan Kab. Mamasa untuk kemajuan ekonomi masyarakat sebab parawisatawan yang masuk Mamasa pasti akan bawa uang, untuk berbelanja di Mamasa sehingga akan menambah perputaran uang, membeli keperluan mereka selama dikabupaten ini.

Kemudian Camat Balla Paulus Dellaganna’ menandaskan antara lain bahwa acara ini adalah acara yang sakkral bagi kita orang Mamasa, jadi perlu diambil hikmanya untuk tatanan bermasyarakat, olehnya itu kami mohon agar pemerintah kabupaten Mamasa dapat memberikan dana untuk melestarikan adat adat istiadat, dengan membuat seminar sehingga kita dapat kembali menggali adat istiadat kita yang sudah terpendam.( Jauhari Mandadung )

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed