oleh

DUA DUSUN DESA SONDOANG TERENDAM BANJIR

-Daerah-666 views

Lapisnews.com, Mamuju – Air sungai Kalukku’ meluap mengkibatkan dua dusun di Desa Sondoang terendam. Yaitu dusun Rante Dango dan dusun Salu Kaha Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju Sulbar.

Akibat banjir tetsebut membuat beberapa rumah tangga masyarakat dikampung tesebut rusak, Juga tanaman jagung yang baru tumbuh remaja tersapu banjir.

Menurut salah sorang warga didusun Salukaha Kaco’ Sabang menjelaskan bahwa babjir tersebut merupakan banjir kiriman dari hulu sungai, yang mana air hujan yang turun sangat deras, dan alur sungai tidak dapat lagi menampung sehingga meluap kepemukiman dan perkebunan Masyarakat.

Ditambahkan pula bahwa sejak kampung tersebut dihuni barusan terjadi banjir sebesar ini,

Saat dikonfirmasi kedinas Kehutanan Propinsi Sulbar seorang Pegawai berkomentar yang namanya enggan ditulis Media, bahwa banjir tersebut terjadi karena hutan dihulu sungai Kakukku sudah rusak akibat pembuatan kebun yang tidak sesuai syarat pelestarian hitan dan sumber daya alam, Ia katakan sebenarnya saya tidak memiliki wewenang untuk memberikan keterangan karena, Kepala Dinas tidak ditempat, sedang dinas luar.

demikian pula dengan Kabid yang membidangi tata guna hutan sedang mengadakan peninjauan tata batas didaerah. Warga didua dusun tersebut yang kena bencana banjir saat ini telah mendapatkan bantuan dari berbagai pihak termasuk bantuan beras, Mi instan, air mineral yang diserahkan oleh Puskesmas Botteng yang diserahkan langsung oleh Kepala Puskesmas Muchklis.

Juga bantuan dari organisasi kemasyarakatan Manurung Art dari Mamuju membagikan langsung bantuan kemasyarakat kotban banjir berupa nasi kotak, beras, air mineral, Mi instan dan lain lain.

Menirut ketua tim Manurung Art bahwa hal ini dilakukan sebagai simpati terhadap korban banjir untuk meringankan beban mereka.( Gerzon M )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed