oleh

Penumpang Kapal KM Prince Soya Terjatuh di perairan Majene

-Nasional-2.286 views

LAPISNEWS.COM, MAMUJU – SAR Mamuju menerima laporan dari Rahman Kepala Desa Bukit Sutra, tentang 1 (satu) orang yang terjatuh dari Kapal KM Prince Soya di perairan Majene Sulawesi Barat.

Dari laporan yang diterima oleh petugas siaga Kantor SAR (BASARNAS) Mamuju, Korban atas nama Baso Laki-laki 46 tahun, menumpangi kapal KM Prince Soya dari pelabuhan samarinda menuju pelabuhan pare-pare, pada tanggal 23 Agustus 2021.

Dalam pelayaran, pada pukul 05.25 Wita diketahui oleh petugas jaga di kapal bahwa ada seorang penumpang kapal yang terjatuh dari kapal KM Prince Soya, yang dibenarkan oleh 2 saksi yang saat itu berada di anjungan kapal.

Setelah menerima laporan, sesuai prosedur pelayaran KM Prince Soya melakukan pencarian dengan memutar 3 kali di sekitar lokasi penumpang terjatuh hingga pukul 06.30 Wita, dengan hasil korban tidak ditemukan dan kapal KM Prince Soya kembali melanjutkan pelayaran 119º04’06.50”E

Menindaklanjuti laporan tersebut Kepala Kantor SAR (BASARNAS) Mamuju Saidar Rahmanjaya, S.H.,M.A.P. memerintahkan 1 (satu) time rescue yang berjumlah 5 (lima) orang personil untuk melakukan Operasi Pencarian dan Pertolongan (SAR) terhadap korban.

Dalam arahannya Saidar menyampaikan dan menegaskan kepada tim, pelaksanaan pencarian dan pertolongan tidaklah mudah, semua personil harus bekerja secara professional, sinergi dan militan disetiap medan tugas sesuai SOP. Tetap jaga keselamatan, keamanan, tingkatkan koordinasi dan sinergisitas antara Potensi SAR yang ada, serta kedepankan protokol kesehatan Covid 19 dimanapun berada.

Pada tanggal 24 Agustus pukul 11.45 Wita, Tim rescue Kantor SAR (BASARNAS) Mamuju dengan menggunakan 1 (satu) unit Rescue Car dan membawa peralatan Navigasi, Peralatan Komunikasi Peralatan evakuasi serta Peralatan Pendukung lainnya, berangkat menuju lokasi kejadian yang menjadi titik jatuh korban, pada . 03º44’39.36”S 119º04’06.50”E perairan Majene.

Tim rescue Kantor SAR Mamuju diperkirakan tiba di lokasi pada pukul 14.44 Wita, langsung melakukan koordinasi dan melanjutkan Pencarian sesuai dengan rencana Operasi yang telah ditentukan.

Hingga saat ini, Pelaksanaan pencarian dilaksanakan oleh beberapa unsur gabungan, diantaranya, Tim rescue Kantor SAR (BASARNAS) Mamuju, BPBD Kab. Majene, Polres Majene, Syahbandar Majene dan masyarakat setempat.(H/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed