oleh

MEMBANGUN KOLABORASI PARA PIHAK YANG ADAFTIF DAN INOPATIF MENUJU KEMANDIRIAN TNGD

-Daerah-583 views

Lapisnews.com, Mamasa – Kepala Balai KSDA Sulawesi Selatan Ir.Thomas Nivinluei M.Si, mengatakan bahwa Taman Nasional Gandang Dewata ( TNGD ) yang berlokasi ditiga kabupaten yaitu Kab.Mamasa, Mamuju dan Mamuju Tengah dengan luas 189.207,75 hektare.

Selanjutnya disampaikan bahwa TNGD ini akan dikelolah dengan memberdayakan masyarakat yang ada disekitar lokasi TNGD, untuk tujuan inilah maka kami turun mengadakan sosialisasi agar ada sinergitas dengan para pihak tentang pengelolaan TNGD

selanjutnya.TNGD ini dimulai dengan survei pada tahun 2007 kemudian dilauncing pada tahun 2017 lalu dan kami sudah bekerjasama dengan masyarakat peduli lingkungan untuk mengadakan patroli serta penelitian oleh Unifersitas Hasanuddin ( UNHAS )

Ia tambahakan, untuk penelitian jenis flora dan pauna diareal Gandang Dewata. Para peneliti menemukan berbagai satwa dan tumbuhan yang langka dan endemik pada lokasi tersebut.”tutup Thomas.

Kemudian Kabid Tehnis BKSDA Sulsel Ir.Anis Surtin mengemukan antara Taman Nasional terdiri dari zona Rimba, zona Inti zona Tradisional dan zona Khusus kemudian ada zona penyanggah.

Kemudian zona khusus adalah wilayah yang sudah lama menjadi tempat bermukim masyarakat sebelum ditetapkan sebagai Taman Nasional, seperti transfortasi, pemukiman dan lainnya.

Acar ini dilaksanakan di 7 desa sekitar lokasi TNGD pada Kec.Mamasa, yakni desa Osango , Taupe, Mambulilling, Lambanan, Bubunbatu, desa Tondokbakaru, dan Rambusaratu’. acar tersebut diikuti oleh 350 orang, yang terdiri dari pemangku Adat, Tokoh Adat, tokoh Agama, Ka.Desa. dan perangkatnya, tokoh pemuda, juga Kelompok Pencinta Alam ( KPA ).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh instansi terkait yaitu Dinas PMD Kab.Mamasa yang antara lain hadir membawa materi Kabid. Pemberdayaan Masyarakat Desa Marthinus S.Pd,M.Pd tentang konsep pemberdayaan masyarakat untuk pengelolaan TNGD,

disinggung bahwa nantinya akan diadakan pembinaan dan pelatihan terhadap masyarakat disekitar lokasi TNGD tentang berbagai keterampilan guna meningkatkan kesejahtraan mereka dengan berbasis kelestarian alam .( Gerzon M )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed