oleh

Korem 142/Tatag akan Tetap Berupaya Menjaga Keselamatan dan Keamanan Masyarakat

-TNI-3.348 views

LAPISNEWS. COM, MAMUJU – Korem 142 Tatag terus Berupaya membangun Kebersamaan dengan seluruh komponen masyarakat di Sulbar, berbagai komponen masyarakat dalam kegiatan Komunikasi Sosial dengan Tema ” Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa” kegiatan berlangsung di Aulah Korem 142/TTG, Selasa (22/6/2021)

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Sulbar yang diwakili kepala Kesbang Pol Sulbar, H. Herdin Ismail, dan Forkopimda Sulbar, Ka BNN Prov. Sulbar, Ka Binda Sulbar, Para Ka. Bank Prov. Sulbar, Ketua PWI Sulbar, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan Insan Pers baik cetak, elektronik maupun online.

Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P melalui sambutannya, bahwa globalisasi perkembangan teknologi informasi yang berkembang saat ini semakin melahirkan berbagai budaya baru dan berpotensi menggeser budaya nasional yang sudah ada.

Firman mengatakan Pengaruh nilai -nilai global telah ikut mewarnai seluruh aspek kehidupan, sehingga eksesnya telah mempengaruhi kondisi bangsa ini yang semula dikenal santun, solidaritas tinggi, saling menghormati antar sesama berubah menjadi sebaliknya ” ungkapnya.

Ia, menambahkan mencermati fenomena seperti Itu tentu perlu adanya kesadaran semua komponen masyarakat terhadap pentingnya membangun karakter bangsa melalui peran masing – masing.

Betapapun dahsyatnya pengaruh yang datang dari berbagai arah, jika kita mampu mempertahankan dan konsisten memelihara identitas, karakter bangsa serta jati diri luhur bangsa Indonesia, tentunya ketahanan nasional akan mampu kita wujudkan dengan baik.

Brigjen Firman juga menegaskan bahwa terjadinya konflik – konflik yang timbul memang banyak dilatar belakangi oleh faktor kemajemukan masyarakat, sehingga menuntut kita untuk lebih kontributif dalam mengelola heterogenitas tersebut, agar tidak terjadi potensial bagi lahirnya konflik sosial.

Sebagai kekuatan pertahanan dan keamanan negara, yang sekaligus sebagi kekuatan moral dan kekuatan kultural bangsa, Korem 142/Tatag akan tetap berupaya maksimal menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat dengan segenap militansi serta kekuatan yang dimiliki,” paparnya.

Firman Dahlan, didalam menjalankan tugas tersebut diperlukan dukungan dari segenap komponen masyarakat, agar kita semua senantiasa tegar dalam memegang komitmen untuk mengamankan dan mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945. Ungkap Brigjen Firman.

Diahir sambutannya, Danrem menjelaskan kembali tugas dan fungsi TNI sesuai Undang – undang No 34 tahun 2004 yang telah mengisyaratkan tentang tugas pokok TNI yang prinsipnya ada 3 yakni, Menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan Wilayah Dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan.

Tugas tersebut dilaksanakan melalui 2 kegiatan yakni operasi Militer Untuk Perang ( OMP ) dan Operasi Militer Selain Perang ( OMSP )” ucapnya.

Sementara itu Gubernur Sulbar yang diwakili Kapala Kesbang Pol Sulbar H. Herdin Ismail mengucapkan terima kasih kepada Danrem 142/Tatag bersama seluruh jajarannya atas penanganan covid 19 dan bencana alam gempa bumi di Sulawesi Barat.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed