oleh

SOSIALISASI BATAS KAWASAN HUTAN TNGD

-Daerah-4.193 views

Lapisnews.com. Mamasa – Kegiatan Sosialisasi Batas Kawasan Hutan Taman Nasional Gandang Dewata ( TNGD ), dilsksanakan oleh Balai Besar Konsevasi Sumber Daya Alam ( KSDA ) Sualawesi Selatan yang wilayahnya meliputi Sul-Selbar.

Acara ini dipimpin langsung oleh Ka.Balai KSDA Sulsel Ir.Thomas Nivinluri.Tempat pelaksanaan sosialisasi tersebut adalah didesa desa yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan TNGD. Kamis 22/042021.

Pada acara ini Ka.Balai Ir.Thomas menjelaskan antara lain ,TNGD ini prosesnya telah berlangsung sejak tahun 2016 silam dan berjalan terus sampai sekarang. dan sudah beberapa kali petugas turun kelapangan.Kemudian TNGD adalah 1.Tempat penelitian ilmiah, 2. Untuk pelestarian flora dan fauna, 3.Juga untuk melestarikan budaya lokal, juga sebagai obyek wisata. Kawasan TNGD ini berlokasi di 4 kabupaten di Sulbar yaitu, Mamasa, Mamuju, Mateng, dan Pasangkayu.

Dijelaskan pula bahwa ada yang disebut kawasan tradisional yaitu lokasi yang sudah sejak turun temurun dihuni atau digarap oleh penduduk lokal, tetap akan dimanfaatkan oleh masyarakatnya.

Sumber dana yang digunakan untuk seluruh pelaksanaan kegiatan ini berasal dari bantuan Republik Jerman sebesar Rp.52 milyar.

Ditambahkan pula bahwa TNGD jika telah berjalan akan menambah peningkatan ekonomi masyarakat yang ada disekelilingnya.( Gerzon M S.Th )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed