oleh

PELANTIKAN LEMBAGA ADAT DESA DAN KELURAHAN DIHADIRI BUPATI

-Daerah-2.121 views

LAPISNEWS.COM. MAMASA – Acara pelantikan Lembaga Adat Desa dan Kelurahan Sekecamatan Mambi ini dilaksanakan digedung Pertemuan Lantang Kada Nene’ pada hari Rabu tgl.7 April 2021.

Acara dihadiri Oleh Bupati Mamasa DR.Ramlan Badawi MH, Ketua Lembaga Adat Kab.Mamasa Benyamin Matasak dan salah satu unsur Ketua Gerzon Montonglayuk S.Th, Camat Mambi Lukman S.Pd,M.Si serta Kapolsek Mambi dan Koramil Mambi.

Acar pelantikan ini dilaksanakan oleh Ketua Lembaga Adat Kec. Mambi dan yang dilantik sebanyak 60 orang pengurus Lembaga Adat desa dan 2 keluranhan sekecamatan Mambi.

Dalam arahannya DR. Ramlan, mengutarakan agar supaya pengurus Lembaga Adat yang baru dilantik tersebut melaksanakan tugas sebagai mitra pemerintah untuk membantu pemerintah ditingkat desa dan kelurahan dalam segala bidang.

kenudian juga melestarikan adat dan budaya kita di Bumi Pitu Ulunna Salu atau Kondo Sapata’Waisapalelean Kab.Mamasa.

Lanjut disampaikan bahwa Adat Istiadat kita yang berlaku sampai sekarang adalah Adat Tuo Tammate Mapia Tangkadake yang dalam istilah leluhur kita disebut Kondo Tedong Tampa Bulawan artinya segala kejadian atau kasus ada jalan penyelesaiannya, tetapi pantang dibumi Kondo Sapata'( Kab.Mamasa )

pantang mengucurkan darah manusia oleh sebab itu jika ada kasus yang luar bisa bisanya diselesaikan dengan pengorbanan hewan yang sesuai ditombak atau disembelih sesuai jebjang kasus.

Juga tugas Lembaga Adat adalah melestarikan budaya sesuai kebiasaan yang berlaku diwilayah komunitas adatnya masing masing, seperti tarian tradisional, pakaian Adat dan busana tradisional, ada contoh ditengah kita sekarang adalah busana Adat yang digunakan oleh Ketua Lembaga Adat Kab.Mamasa.

Ditambahkan pula bahwa seorang pengurus Lembaga Adat harus sabar menghadapi segala hal dalam masyarakat tidak boleh cepat kecewa. ( Gerzon/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed