by

Keberadaan Pers Sebagai Lokomotif Perubahan dan Pembangunan

Lapisnews.com, Mamuju Sulbar – Keberadaan Pers di Indonesia khususnya di Sulawesi Barat sudah menjadi bagian dari lokomotif perubahan dan pembangunan.

“Kinerja Pers itu tidak mungkin lahir dengan sendirinya tanpa adanya insan pers yang kuat, dan sebagai bagian dari membangun pers nasional maka, insan pers ini menjadi salah satu tonggak perubahan yang elementer,”kata Sekprov Sulbar Muhammad Idris usai mengikuti acara peringatan Hari Pers Nasional tahun 2021 secara virtual dari Rujab Sekprov Sulbar, Selasa, 9 Februari 2021.

Mengenai industri pers saat ini, Idris berharap semua bentuk-bentuk media di Indonesia ini lebih kreatif, inovatif, dan produktif untuk memastikan apa yang menjadi tujuan media kita kompatibel dengan harapan bangsa dan warga negara kita. Misalnya, bagaimana mendorong agar pers menjadi bagian dari kolektif memori dari warga negara kita untuk melakukan perubahan.

Presiden Jokowi yang juga hadir secara virtual menyampaikan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers di Indonesia.

“Saya tahu di saat pandemi sekarang ini, rekan-rekan pers tetap bekerja dan berada di garis terdepan untuk mengabarkan setiap perkembangan situasi dan menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, menjaga optimisme, serta menjaga harapan,” kata Presiden Jokowi.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh insan pers yang telah membantu pemerintah untuk mengedukasi masyarakat untuk berdisiplin dalam menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus korona penyebab pandemi Covid-19.

Dalam acara HPN tersebut, sejumlah media dan kalangan jurnalis menerima penghargaan antara lain Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Anugerah Kebudayaan, dan penghargaan Pena Emas.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, turut menerima penghargaan berupa Medali Emas Kemerdekaan Pers sebagai penghargaan tertinggi pada HPN.

Doni dinilai telah membangun kerja sama dengan pers dan para jurnalis melalui sejumlah program sosialisasi penanggulangan pandemi virus corona.

Hadir secara langsung di Istana Negara di antaranya ialah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh, hingga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Atal Sembiring Depari.

Dari Rujab Sekprov Sulbar, Muhammmad Idris didampingi Kepala Dinas Kominfopers, Safaruddin, Ketua PWI Sulbar, Naskah M Nabhan, dan jajaran pengurus PWI Sulbar.

Tahun ini mengusung tema Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers sebagai Akselerator Perubahan.(H/*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed