by

KOMITMEN KAWAL UMKM GO DIGITAL, WHATSAPP GANDENG DISKOMINFO MAMUJU

-Daerah-7,939 views

LAPISNEWS. COM, MAMUJU — Komitmen untuk memberi penguatan pelaku UMKM terus didorong ditengah masa pandemi di Kabupaten Mamuju. Tidak terkecuali oleh Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Mamuju melalui pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Dalam hal ini KIM didorong untuk memiliki kegiatan UMKM sendiri guna meningkatkan perekonomian, selain optimalisasi kemampuan pengelolaan informasi di era digital informasi. Di Kabupaten Mamuju sendiri saat ini sudah terbentuk 127 KIM di 11 Kecamatan.
Pada hari Rabu, 25 November 2020, telah dilaksanakan Seminar Nasional dan Workshop Literasi Digital yang digelar oleh WhatsApp dan ICT Watch, difasilitasi bersama Relawan TIK Sulawesi Barat dan Relawan Teknologi Informasi Komunikasi (Relawan TIK) Kabupaten Mamuju. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 200 peserta dari Kabupaten Mamuju dari total 700 peserta se-Sulawesi Barat didukung oleh Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Mamuju bersama sejumlah stakeholder lain di Sulawesi Barat.

Kegiatan yang digelar daring ini, tidak sepenuhnya diikuti secara mandiri melalui gawai masing-masing peserta. “Jadi di beberapa titik teman-teman peserta berkumpul dan kami menggunakan perangkat telekonferensi. Karena kita di Mamuju ini masih ada beberapa wilayah yang kurang infrastruktur teknologi jaringan internetnya. Sehingga semuanya tetap bisa tercover dengan baik. Kegiatannya terlihat seperti nonton bareng,” terang Abdul Wahab, Ketua Relawan TIK Kabupaten Mamuju.

Wahab menuturkan bahwa secara khusus kegiatan ini diikuti oleh sejumlah komunitas. “Bukan cuma teman-teman UMKM tapi ada juga teman mahasiswa dan kelompok remaja binaan BKKBN. Total di Mamuju ada 200 orang lebih yang turut berpartisipasi dan ada juga ditempat lain. Jadi se-Sulbar ada sekitar 700-an orang,” urainya.

Di Sulbar, khususnya di Mamuju, Relawan TIK berkomitmen untuk mendampingi UMKM Go Digital. Kemitraan telah dijalin bersama Dinas Kominfo dan Persandian kabupaten Mamuju, yang memfasilitasi UMKM dari kelompok KIM yang ada di Mamuju.
Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Mamuju, Artis Effendi, menanggapi positif kegiatan yang digelar bersama WhatsApp dan ICT Watch yang difasilitasi Relawan TIK di Mamuju ini. Seminar Nasional dan Workshop Literasi Digital ini mengambil tema Aman dan Produktif dengan Adaptasi Kebiasaan Baru di Internet. Menurutnya ini merupakan upaya positif meningkatkan kemampuan pengelolaan informasi berbasis digital bagi KIM dan pelaku UMKM yang perlu untuk terus didukung.

“Pemerintah pada dasarnya membuka kran bagi kawan-kawan yang punya komitmen untuk membantu masyarakat kita apalagi teman teman UMKM yang hendak Go Digital. Karena kita pahami bersama saat ini kondisi ekonomi masyarakat kita sangat fluktuatif di masa pemulihan Covid 19 ini,” katanya.

Selanjutnya, bagi Artis, senada dengan Ketua RTIK Mamuju, “Ke depan semoga ada program yang dapat berjalan secara berkesinambungan. Kami melihat ada komitmen positif yang dibangun kawan kawan kita di Relawan TIK. Hari ini kami melibatkan KIM di Kecamatan Kalukku dan Pulau Karampuang. Harapannya pada kegiatan berikut ada lebih banyak lagi anggota KIM yang bisa berpartisipasi, “ pungkasnya. (***)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed