oleh

Sosialisasi Empat Pilar, Iskandar Muda B Lopa, Mengajak Masyarakat Mengenang kembali Jasa Para Pahlawan

-Nasional-2.808 views

Lapisnews.com, Polman – Anggota DPD RI Dapil Sulawesi Barat, Ir. H. Iskandar Muda Baharuddin Lopa, menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR-RI di Palipis, Desa Bala, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polman, Sulawesi Barat. Acara tersebut dihadiri oleh masyarakat nelayan, petambak dll beberapa hari lalu.

Anggota DPD RI Ir. H. Iskandar Baharuddin Lopa saat menyampaikan sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Desa Bala.

Dengan tetap memperhatikan Protokol kesehatan (pencegahan COVID-19) saat acara berlangsung, terlihat masyarakat cukup antusias dan mengapresiasi atas terselenggaranya sosialisasi ini. Pada saat Bapak Ir. H. Iskandar Muda Baharuddin Lopa membuka acara, Ia menjelaskan, awal terselenggaranya program ini, dan pentingnya implementasi dari nilai 4 pilar yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Program ini digagas oleh Almarhum Taufik Kiemas, di tahun 2009. Program ini sangat penting untuk kita semua sebagai warga negara yang baik, Melalui 4 pilar ini, kita sudah punya fondasi menuju negara maju di masa yang akan datang”, kata Iskandar Muda.

Anggota DPD RI yang telah memasuki 3 periode ini mengajak warga untuk menjadi pahlawan di daerah, khususnya di wilayah Sulawesi Barat. Hal ini dalam rangka memperingati hari pahlawan, selain itu semangat persatuan dan kesatuan juga disampaikan agar tidak mudah terpecah belah dengan isu-isu atau berita-berita tidak benar (HOAX).

Mengutip Soekarno bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat jasa para pahlawannya. Patut disyukuri, kini kita semua bisa merasakan jasa-jasa para pahlawan. Saya berharap, kita semua kedepannya bisa menjaga semangat hari pahlawan ini.
Sulawesi Barat harus terhindar dari isu-isu perpecahan. Inilah pentingnya kita harus mendalami, dan mengimplementasikan nilai-nilai dari 4 pilar ini, karena semua sudah ada didalamnya. Kita harus mampu memberikan dedikasi kepada bangsa, kuncinya dengan memahami dan menerapkan nilai dari 4 pilar ini”, jelasnya.

“Kita juga harus memahami, struktur dari sistem ketatanegaraan kita, agar nilai yang telah diserap dari 4 pilar ini, diimplementasikan dengan baik dan tepat di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, sehingga semua dapat dipahami secara komprehensif”, lanjut Iskandar.

Sementara itu Materi sosialisasi selanjutnya disampaikan oleh Bapak Muhammad S.IP., M.SI., selaku pemateri, sosialisasi 4 pilar ini juga menyajikan sesi diskusi yang diikuti oleh masyarakat Desa Bala yang sangat antusias mengikuti jalannya dialog. Di akhir acara, pemateri mengingatkan kembali akan pentingnya semangat untuk menjadi pejuang di daerah, khususnya Sulbar pada umumnya.”Pesan Muhammad.(s/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed