oleh

INdex Indonesia : Tomy-Makkasau Masih Teratas Dengan Persentase 38,8 Persen

-Politik-7.011 views

Lapisnews.com, Bulukumba – Lembaga Survei INdex Indonesia merilis secera resmi hasil penelitian surveinya pada pilkada Bulukumba tahun 2020. Press Rilis digelar di Cafe Abbana, Jl. Lanto Dg Pasewang, Kota Bulukumba, Rabu (23/9/2020).

Andi Ahmar Kepala Perwakilan Indeks Indonesia, bagian Indonesian Timur, dalam presantasinya mengaku, survei dilakukan dalam rentan waktu mulai 17 maret hingga 21 Agustus 2020 dengan menggunakan 400 responden.

Pada survei ini memiliki tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dengan marin error 5 persen. Hasilnya penelitiannya, sejak maret hingga agustus, pasangan Tomy Satria Yulianto mampu meraih persentase 36,8 persen pada posisi Top Of Mind, disusul H. Askar HL 25.0 Persen.

“Survei ini kami lakukan secara independen, dan kami bisa pertenggungjawabkan. Kami telah lama bergerak pada beberapa survei di daerah lain yang melakukan pilkada,” Ujar Andi Ahmar mengawali persentasinya.

Begitupula saat simulasi elektabilitas calon bupati, nama Tomy Satria masih merajai survei, dengan persentase 38,3 persen disusul Askar HL 26,0, Andi Muktar Ali Yusuf dengan angka 25,3 persen, dan andi Hamzah Pangky 3,5 Persen. Sedangkan yang rahasia 1,5 persen dan tidak tahu 5,3 persen.

Saat survei pasangan calon, mulai Maret sampai Agustus, pasangan Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau kembali masih yang teratas, dengan persentase 38,8 persen, Askar HL-Arum Spink 26,6 Persen, Andi Muhtar Ali Yusuf-A. Edy Manaf 25,3 persen, dan Andi Hamzah Pangky Andi Murniaty Makking 3,8 persen. Pada posisi ini, orang yang belum menentukan pilhan di angka 3,8 persen.

“Posisi elektabilitas calon bupati berdasarkan pengumpulan data 17-21 Agustus 2020 diprediksi tidak banyak berubah karena, jumalah pemilih yang sudah mentepakan pilihan sudah diatas 70 persen,”Kata Andi Ahmar.

Indeks Indonesia menyimpulkan, Tomy Satria memiliki peluang tertinggi mendapatkan syara terbanyak pada 9 desember mendatang. Elektabilitas Tomy Satria cenderung unggul dibanding pesaingnya.

” Kesimpulannya, terjadi penurunan elektabilitas H. Askar seiring peningkatan dukungan yang diperoleh oAndi Muchtar Ali Yusuf. Ini terlihat dari perbandingan survei maret dan agustus 2020. Merosotnya survei Askar HL membuat Tomy Satria cenderung aman (Dari Berbagai Survei) sebagai mana diketahui, pesaing Tomy Satria Selama ini adalah H. Askar HL, ” Kuncinya.(F/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed