by

Ali Baal Masdar, melantik dan Mengukuhkan Pengurus Ikatan Keluarga Minang

Lapisnews.com, Mamuju Sulbar – Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, melantik dan mengukuhkan Pengurus Ikatan Keluarga Minang (IKM) Sulbar Malaqbi, Sabtu 20 Juni 2020.

Prosesi pelantikan dan pengukuhan, berlangsung di ruang Auditorium lantai 4 Kantor Gubernur Sulbar dan selaku Ketua IKM Sulbar Malaqbi yakni Kajati Sulbar, Darmawel Aswar.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, menyampaikan terima kasih kepada warga Minang yang selama ini turut berkontribusi menyukseskan pembangunan di Sulbar.

“Para sesepuh dan tokoh urang uwak (orang minang) di daerah ini sangat perhatian dan berperan aktif di profesi masing-masing, dalam berkontribusi menyukseskan pembangunan di Sulbar,”ucap Ali Baal

Ali Baal mengatakan, semangat kerja keras, kekeluargaan, kebersamaan, gotong royong, kepedulian dan saling menghargai menjadi ciri warga Minang dan merupakan potensi diri untuk meraih sukses di perantauan.

Ali Baal berharap, kiranya semangat para sesepuh serta anggota IKM Sulbar Malaqbiq dapat terpelihara sebagai potensi yang saling mengisi dan melengkapi bersama warga lain, yang juga merupakan amunisi percepatan pembangunan menuju kesejahteraan di provinsi tercinta ini.

Ia menambahkan, kesinkronisasian dari Malaqbiq dan Minang memiliki makna yang artinya mulia, bermartabat yang tercermin pada tutur kata, sikap dan tingkah laku Malaqbi pau’, Malaqbiq gau’, Malaqbiq Kero’.

“Beberapa prinsip seperti Dimana bumi dipijak, disinan langik dijunjuang kemampuan beradaptasi di setiap tempat dan menghargai masyarakat setempat, kemudian adat basandi syarak kitabullah adat bersendi kitabullah, ketataan pada agama dan hukum, serta menjunjung tinggi kejujuran, sangat relevan dengan motto Malaqbiq yang diharapkan terus menyemangati dalam pembangunan Sulbar,”tuturnya

Ketua IKM Sulbar Malaqbiq, Darmawel Aswar, mengatakan, terbentuknya IKM Sulbar Malaqbi merupakan keputusan bersama antara warga Minang yang berdomisili di Sulbar.

Darmawel menyebutkan, tujuan dibentuknya IKM Sulbar Malaqbi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, peran ekonomi, dan memberi peran yang lebih banyak kepada masyarakat Minang yang ada di Sulbar.

“Tentunya ini memberi penghargaan, kesempatan bagi putra dan putri Sulbar, untuk bekerjasama dengan orang Minang sejak 20 tahun berdomisili di beberapa kabupaten termasuk di ibukota provinsi ini,’kata Darmawel

Melalui kesempatan itu, Darmawel memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas diberikannya peluang bagi warga Minang untuk bekerjasama membangun kesejahteraan taraf hidup, hingga meningkatkan perekonomian di Sulbar.

“Semoga dapat terbangun kolaborasi membangun kesejahteraan di provinsi ke 33 ini,”harapnya

Di sela-sela acara pengukuhan dan pelantikan, Ketua IKA Sulbar Malaqbi dan Gubernur Sulbar salin memberi cendramata.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Raja Mamuju, Andi Maksum Dai, Anggota DPR RI, Andi Ruskati Ali Baal, Wakil Ketua II DPRD Sulbar, Abdul Halim, Bupati Mamuju Habsi Wahid, Wakil Bupati Majene, Lukman, jajaran Forkopimda, sesepuh dan warga Minang, serta undangan lainnya. (Ani)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed