by

Babinsa Koramil 03/Kalukku bantu Nelayan buat Rumpon

-TNI-209 views

Lapisnews.com, Mamuju – Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kepada para nelayan yang mempraktikan cara-cara menangkap ikan secara ramah lingkungan, seorang prajurit TNI yang bertugas sebagai Babinsa Koramil 1418-03/Kalukku Kodim 1418/Mamuju membantu nelayan dalam membuat rumpon.

Peltu Baharuddin sebagai Babinsa Kalukku Barat turun tangan langsung membantu nelayan dalam pembuatan rumpon di Dusun Kayumate Desa Kalukku Baray Kec. Kalukku Kab. Mamuju.

Rumpon merupakan rumah ikan yang disiapkan dan dipasang oleh nelayan sebagai tempat berkumpulnya ikan. Dengan adanya rumpon yang ramah lingkungan ini akan memudahkan nelayan dalam menangkap ikan.

Babinsa ini turun langsung membantu nelayan membuat rumpon di desa binaan yang dikunjunginya.

“Saya mengunjungi kampung nelayan, karena ingin memastikan apakah para nelayan sudah mulai pergi melaut. Karena kalau tidak melaut berarti tidak mempunyai penghasilan, hal ini bisa menimbulkan kerawanan terhadap stabilitas keamanan di wilayah apalagi dihadapkan dengan pandemik Covid-19,” kata Pelda Baharuddin, (Sabtu 30/05/20).

Alat tangkap ikan jenis rumpon memang termasuk alat tangkap yang ramah lingkungan, bahkan disarankan oleh pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dalam kesempatan terpisah, Danramil 1418-03/Kalukku Letda Inf Agus Triyono mengungkapkan, kegiatan Babinsa dalam membantu masyarakat untuk membuat rumpon ini bertujuan agar masyarakat bisa mencari ikan lagi.

“Kegiatan ini juga merupakan suatu bentuk pembinaan teritorial yang bertujuan guna memupuk rasa kecintaan masyarakat kepada TNI khususnya Koramil 1418-03/Kalukku,” paparnya.

Danramil juga menambahkan, pihaknya selalu berpesan kepada para nelayan agar berhati-hati saat berangkat mencari ikan.

“ Agar hati–hati saat para nelayan pergi melaut, kalau cuaca buruk sebaiknya ditunda dulu keberangkatannya demi keselamatan,” tutup Letda Inf Agus Triyono.(**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed