by

Kodim 1418/Mamuju Menanam 1000 pohon Penghijauan didesa Keang

-TNI-279 views

Lapisnews.com, Mamuju – TNI Kodim 1418/Mamuju menanam 1000 pohon penghijauan di desa Keang Kec. Kalukku Kab. Mamuju (8/4/20)

“Ada 1000 batang pohon jati yang kami tanam hari ini sebagai wujud kepedulian TNI kepada generasi penerus bangsa,” kata Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf Suyitno,S.I.P.

Dia mengemukakan, penanaman pohon tersebut dilakukan oleh personel TNI Kodim 1418/Mamuju bersama masyarakat sekitar.

Kegiatan ini, kata dia, dilakukan sebagai komitmen TNI dan masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap hijau dan juga dapat diwariskan kepada generasi penerus bangsa.

“Penanaman pohon penghijauan ini sengaja kami tanam di sela-selah pohon jagung karena mempunyai beberapa keuntungan diantaranya memaksimalkan lahan yang kecil menjadi lebih berpotensi, Unsur hara yang di tanam akan jauh berguna karena dalam satu areal dapat terserap oleh tanaman secara baik dan tidak terbuang serta membantu memanfaatkan lahan seoptimal mungkin dan yang terpenting adalah membantu mewujudkan ketahanan pangan.

Menurut Dandim, penanaman pohon pelindung ini memiliki beberapa manfaat antara lain sebagai paru-paru dunia karena setiap pohon menghasilkan oksigen yang diperlukan makhluk hidup untuk bernapas.

Selain itu pohon juga sebagai pengatur lingkungan karena vegetasi dapat menyerap polutan dan menyaring debu sehingga bisa menciptakan ruang hidup bagi setiap makhluk hidup yang ada di bumi.

Dia berharap, gerakan penanaman pohon ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya untuk lebih mencintai alam dengan menjaga kelestariannya. “Melalui kegiatan ini semoga tumbuh kesadaran masyarakat untuk menanam kembali lahan yang gersang agar hijau kembali,” katanya.(**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed