oleh

Arsal Aras : Masyarakat harus Terlibat dalam Pengawasan dana Desa

Lapisnews.com, Mateng – Ketua DPRD Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) H.Arsal Aras mengatakan dalam penggunaan Dana Desa, keterlibatan Masyarakat dalam Pengawasan sangat di perlukan kerena berhasil tidaknya pembangunan di suatu Desa tergantung sejauh mana partisipasi Masyarakat terhadap pemampaatan Dana Desa itu.

“Tahun ini Dana transfer Pusat untuk 54 Desa Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) mencapai Rp 55 milyar, ditambah lagi Dana dari Kabupaten Mateng 10 persen. maka dari itu yang terpenting dalam mengelolah Dana tersebut di butuhkan perencanaan yang matang dan keterlibatan Masyarakat dalam proses Pengawasan sehingga penggunaan Dana Desa betul betul dapat di rasakan mamfaatnya oleh Masyarakat”, ujar Arsal Aras saat memberi kata sambutan pada kegiatan Musrenbang Kecamatan Budong-budong, di halaman kantor camat Bodong budong, Selasa (3/3/20)

Ia katakan ketimpangan-ketimpangan yang terjadi di Desa terkadang terjadi di Desa itu sendiri. Biasanya, dulu kepala Desa menggelar musrenbang hanya tiga sampai lima orang saja sehingga usulan Desa terkadang bertentangan dengan keinginan masyarakatnya. Sebab itu, pihaknya berharap masyarakat Desa serta tokoh masyarakat mampu mengawal musrembang sejak awal.

“Jika kita sudah mengawal Musrenbang Desa sejak awal, tentu kita juga bisa mendorong ke kecamatan, kenapa karena ada kewenangan yang harus kita bagi, mana kewenangan yang harus dibiayai oleh kecamatan, kabupaten dan desa,” kata Arsal.

Secara umum kata Arsal, di kecamatan Budong-budong ini masih diperhadapkan kepada infrastruktur jalan penghubung yang belum begitu bagus, sebagian ada betonnya sebagian ada hotmiksnya, tapi lebih banyak peningkatan biasa. “Nah, ini harus menjadi perhatian pemerintah, terutama akses jalan Babana, Kire dan seterusnya sampai Lumu, yang kita inginkan adalah efektifitas pembangunan jalan itu harus berkualitas dan selain itu pemerintah juga harus memperhatikan sektor-sektor lain”, pungkasnya.(Abs/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed