oleh

Bupati Pasangkayu menginstruksikan kepada ASN untuk Sementara waktu tidak Melakukan perjalanan Dinas

Lapisnews.com, Pasangkayu – Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) di seluruh wilayah Kabupaten Pasangkayu, Bupati Dr Agus Ambo Djiwa membentuk Gugus Tugas pencegahan penularan virus corona (COVID-19) pada Senin (16/3/2020).

Sekretaris Daerah Pasangkayu Dr Firman yang diberi kepercayaan menjadi ketua gugus tugas. Sejumlah elemen dilibatkan dalam gugus tugas ini, seperti TNI dan Polri, serta para OPD.

Menurut Firman, tim penanganan COVID-19 ini memiliki beberapa tugas, di antaranya melaksanakan sosialisasi penanganan COVID-19, mengkoordinasikan penanganan COVID-19 dengan seluruh pihak terkait, dan memantau pola penyebaran COVID-19 di dalam maupun luar daerah.

Kemudian juga melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap kawasan dan orang suspect COVID-19, membuat pusat informasi terpadu tentang penanganan COVID-19, dan beberapa tugas lainnya sekaitan dengan upaya pencegahan COVID-19 di Pasangkayu.

Sekretariat gugus tugas bertempat di Bagian Hukum Sekretariat Daerah Pasangkayu. Sementara pusat informasi dan call center itu di Dinas Kesehatan (Dinkes) Pasangkayu.

Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa meminta agar gugus tugas ini nantinya akan merumuskan beberapa strategi terkait pencegahan penularan COVID-19 di Pasangkayu. Melakukan survei harga sembako dan ketersediaan alat kesehatan di apotik-apotik. Juga menentukan status daerah apakah siaga atau tanggap darurat non alam.

“Gugus Tugas juga merumuskan protap tentang kapal asing yang akan bersandar di pelabuhan Tanjung Bakau. Kemudian mengantisipasi adanya penimbunan alat kesehatan seperti masker, disinfektan dan hand sanitizer,” kata Agus.

Ia menambahkan, tim gugus tugas juga harus memassifkan sosialisasi langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19.

“Langkah prepentif juga untuk sementara kalau bertemu orang kita tidak jabat tangan. Tapi tetap kita jangan terlalu gegabah dalam mengambil langkah-langkah. Kita tetap fikirkan dampak sosial dan ekonomi. Saya minta semua berdoa semoga daerah kita dijauhkan dari segala musibah,” ujar Agus.

Sedangkan kepada seluruh ASN di Pemkab Pasangkayu, ia menginstruksikan untuk sementara waktu tidak melakukan perjalanan dinas keluar daerah, terkhusus ke Jakarta dan Bandung.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed