by

Iskandar Muda Baharuddin Lopa, menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR-RI di SMKN 1 Bambalamotu

Lapisnews.com, Pasangkayu – Anggota DPD RI Dapil Sulawesi Barat, Ir. H. Iskandar Muda Baharuddin Lopa, menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR-RI di SMKN 1 Bambalamotu, Pasangkayu, Sulawesi Barat. Acara yang dihadiri oleh Ka. SMKN 1 Bambalamotu, 20 guru pengajar, dan 150 siswa ini berlangsung pada hari Jum’at 07 Februari 2020, dimulai pukul 09.30 hingga 11.30 WITA.

Pihak sekolah sangat mengapresiasi atas terselenggaranya sosialisasi ini. Pada saat Bapak Ir. H. Iskandar Muda Baharuddin Lopa membuka acara, beliau menjelaskan, awal terselenggaranya program ini, dan pentingnya implementasi dari nilai 4 pilar yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Program ini digagas oleh Almarhum Taufik Kiemas, di tahun 2009. Program ini sangat penting untuk kita semua sebaga warga negara yang baik, khususnya kepada adek-adek sekalian sebagai penerima estafet pembangunan bangsa. Melalui 4 pilar ini, kita sudah punya fondasi menuju negara maju di masa yang akan datang”, kata Iskandar Muda.

Anggota DPD RI yang telah memasuki 3 periode ini menambahkan, kita harus selalu terjaga dari isu-isu yang menyebabkan perpecahan, khususnya di wilayah Sulawesi Barat. Apalagi, di masa sekarang, banyak beredar berita-berita hoax yang bisa menimbulkan perpecahan antar golongan satu sama lain.

“Patut disyukuri, di daerah kita jarang terjadi isu-isu yg mengakibatkan konflik antar kelompok. Sy berharap, adek-adek sekalian kedepannya bisa menjaga ini. Sulawesi Barat harus terhindar dr isu-isu perpecahan. Inilah pentingnya kita harus mendalami, dan mengimplementasikan nilai-nilai dari 4 pilar ini, karena semua sudah ada didalamnya. Kita harus mampu memberikan dedikasi kepada bangsa, kuncinya dengan memahami dan menerapkan nilai dr 4 pilar ini”, jelasnya.

“Kita juga harus memahami, struktur dr sistem ketatanegaraan kita, agar nilai yang telah diserap dari 4 pilar ini, diimplementasikan dengan baik dan tepat sasara. Kelak kedepannya, adek-adek sekalian akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang, sehingga semua harus dipahami secara komprehensif”, lanjut Iskandar.

Materi sosialisasi selanjutnya dibawakan oleh Bapak Firdaus, S.Pd selaku pemateri, sosialisasi 4 pilar ini juga menyajikan sesi diskusi yang diikuti oleh beberapa siswa dan guru yang sangat antusias mengikuti jalannya dialog. Di akhir acara, semua pihak setuju agar kedepannya program ini dapat terlaksana secara intens di seluruh wilayah Sulawesi Barat.(**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed