by

Bupati Pasangkayu Dapat Penghargaan Kabupaten Peduli HAM pada Puncak Peringatan Hari HAM se-Dunia ke-71 di Bandung

-Daerah-159 views

Lapisnews.com, Bandung – Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa menerima penghargaan pada puncak Peringatan Hari HAM (hak asasi manusia) se-Dunia ke-71 yang dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12/2019).

Pasangkayu ditetapkan sebagai Kabupaten Peduli HAM di Indonesia bersama sejumlah kabupaten/kota lainnya yang turut menerima penghargaan pada puncak peringatan Hari HAM se-Dunia tersebut.

Acara yang berlangsung di Gedung Merdeka, Jl Asia Afrika, Kota Bandung, tersebut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM Mahfud MD serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

“Selamat kepada seluruh masyarakat Pasangkayu atas dukungan dan kerjasamanya sehingga Kabupaten Pasangkayu dapat meraih penghargaan Kabupaten Peduli HAM tahun 2019. Semoga semakin sejahtera, mandiri, bermartabat berlandaskan keberagaman,” kata Agus seusai menerima penghargaan.

Ia menambahkan, dengan ini, mudah-mudahan demokrasi senantiasa sejalan dengan monokrasi, kebebasan selalu dibarengi dengan etika dan sopan santun hukum serta demokrasi selalu sejalan.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) mencatat baru 271 dari 516 kabupaten/kota yang melaksanakan komitmennya dalam pemenuhan hak dasar masyarakat di wilayahnya.

Artinya, baru sekitar 60 persen kabupaten/kota yang sungguh-sungguh melaksanakan komitmen nilai-nilai HAM dalam pelayanannya.

Hal ini dikemukakan Dirjen HAM Mualimin Abdi dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat (6/12/2019). “Tahun lalu ada 271 kabupaten/kota yang mendapat predikat peduli HAM. Tahun ini jumlahnya belum beranjak jauh,” ungkapnya.

Menurut Mualimin, penghargaan bagi kepala daerah diperluan yang bertujuan memotivasi dan menjadi pendorong pemenuhan hak dasar masyarakat.
Khususnya hak dasar dalam bidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan, anak-anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan.(C/*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed