by

Ketua DPRD Mateng H. Arsal Aras Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Mengharagi Jasa Pahlawan

-Daerah-176 views

LAPISNEWS.COM, MATENG – Kutipan Pesan Pesan Para Pahlawan Yang Di Bacakan Ketua DPRD Mateng H.Arsal Aras” Bupati Mamuju Tengah H.Aras Tammauni bertindak selaku inspektur upacara dalam peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019, yang dilaksanakan pada hari Senin (11/11) di lapangan kantor Bupati Mateng dan di hadiri unsur pemerintahan se Kab Mateng.

Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November di setiap tahunnya. Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Cikal bakal hari Pahlawan berawal dari pertempuran pada 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur. Pada pertempuran tersebut, rakyat Indonesia yang ada di Surabaya berusaha untuk mengusir penjajah dengan dipimpin oleh Bung Tomo.

Dengan peringatan hari pahlawan, diharapkan generasi muda saat ini dapat lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. The Founding Fathers Bung Karno pernah mengungkapkan, bahwa Bangsa yang besar ialah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

Untuk mengingat kembali jasa para pahlawan, berikut ini beberapa pesan para pahlawan yang dapat kita renungkan, seperti dilansir surat Edaran Mendikbud tentang Peringatan Hari Pahlawan 2019.

Ir. Soekarno ,
“Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Dan berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.” “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”

Moh. Hatta,
“Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata untuk membela cita-cita”

“Jatuh bangunnya negara ini, sangat tergantung dari bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekedar nama dan gambar seuntaian pulau di peta. Jangan mengharapkan bangsa lain respek terhadap bangsa ini, bila kita sendiri gemar memperdaya sesama saudara sebangsa, merusak dan mencuri kekayaan Ibu Pertiwi.”

Bung Tomo
“Jangan memperbanyak lawan, tetapi perbanyaklah kawan”.

“Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih merah dan putih maka selama itu tidak akan kita mau menyerah kepada siapapun juga.”

Jenderal Sudirman,
“Tempat saya yang terbaik adalah ditengah-tengah anak buah. Saya akan meneruskan perjuangan. Met of zonder TNI akan berjuang terus”.

Pattimura,
“Pattimura-pattimura tua boleh dihancurkan, tetapi kelak Pattimura-pattimura muda akan bangkit”

Ketua DPRD Mateng H. Arsal Aras Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Mengharagi Jasa Pahlawan artinya “Sudah saatnya kita mengingat, menghargai dan belajar dari tokoh bangsa dimasa lalu ,untuk membangun generasi muda indonesia yang lebih baik, sebagai pembelajaran kehidupan. Dalam dua peribahasa mengatakan “ orang bijak belajar dari sejarah” dan “ sejarah akan terus berulang” sudah seharusnya kita mengenal sejarah Indonesia jangan sampai justru negara lain lah yang mengambil sejarah kita.Kutipan Sejarah (ER3/*).

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed