by

Grand Final Tonacanga Tonalolo Harus Paham budaya bangsa dan budaya Mamuju Tengah

-Daerah-729 views

LAPISNEWS. COM, MATENG – Pelaksanaan Grand Final Tonacanga Tonalolo Tahun 2019 yang di laksanakan di lapangan Terminal Tobadak yang di hadiri Bupati Kabupaten Mamuju Tengah H. M. Aras Tammauni, yang diwakili asisten III Ketua DPRD Kabupaten Mamuju Tengah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mamuju dan juga Kepala Dinas lingkup Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah yang sempat hadir pada malam Grand Final Tonacanga Tonalolo dan para camat Se Kabupaten Mamuju Tengah dan Juga Para Anggota DPRD Mateng.

Ketua Panitia Pelaksana grand final Tonacanga Tonalolo Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Mateng Nursina Achir S.Pd,M.Pd dalam laporanya kegiatan ini dengan harapan lomba ini senantiasa mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah dan DPRD Mateng.”Tonaccanga dan Tomalolo artinya Pemuda tampan dan Gadis Cantik, arti dari Bahasa Topoyo.

Keseragaman kebudayaan daerah kepada wisatawan yang akan datang berkunjung ke Kabupaten Mamuju Tengah, merupakan prestasi bagi generasi muda dan juga akan mengikuti tugas yang cukup berat harus mampu menjadi inspirator dan inovator bagi generasi muda dalam menjalankan peran dan fungsinya di masyarakat dapat memiliki disiplin dan bertanggung jawab tinggi untuk membantu pemerintah dalam memberikan keanekaragaman kebudayaan daerah kepada wisatawan

juga dituntut inovatif dan kreatif dasar undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2006 tentang pembinaan prestasi 3 undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan.

Lanjut tujuan kegiatan Membina dan meningkatkan kreativitas dalam bidang seni menanamkan dan membina apresiasi seni khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa dan budaya yang ada di Kabupaten Mamuju Tengah sebagai sarana promosi untuk memperkenalkan Kabupaten Mamuju Tengah baik di tingkat provinsi nasional maupun internasional.

Menjadi Peserta perempuan berusia 17 sampai dengan 25 tahun tinggi badan pria minimal 170 cm wanita 165 cm memiliki wawasan tentang daerah Mamuju Tengah dan budaya yang ada di Kabupaten Mamuju Tengah mampu berbahasa Indonesia dengan baik berbahasa asing memiliki bakat dan talenta.

Dan setiap kecamatan mengirim pesertanya Sebanyak 2 orang terdiri dari Kecamatan Topoyo 2 Kecamatan Tobadak 2 Kecamatan Karossa 2 Kecamatan Budong Budong 2 Kecamatan Pangale 2 masing masing dua pasang.

Penjaringan di tingkat kecamatan dilaksanakan dari tanggal 4 sampai dengan 10 Oktober 2019 seleksi tingkat Kabupaten Mamuju Tengah dilaksanakan pada tanggal 27 sampai dengan 30 Oktober 2019 materi yang diberikan Pemuda dan budaya peran pemuda dalam pembangunan kepemimpinan Pemuda kepribadian sejarah dedikasi dan penanggulangan narkoba pada remaja public speaking.

dewan juri yang berjumlah 5 orang dewan juri luar daerah sebanyak 2 orang dalam daerah sebanyak 3 orang.

Anggaran pelaksanan berasal dari anggaran pendapatan belanja daerah APBD tahun 2019 dan beberapa sponsor lainya yang menopang suksesnya kegiatan Tonacanga Tonalolo.(ER3/*).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed