by

Ada 4 Program Unggulan Dari Pemerintah Pusat

-Daerah-892 views

LAPISNEWS.COM, MATENG – DPMD Mateng mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan Urusan Pemerintahan Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Kabupaten di Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Sujarno,S.Pd sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).
Mengatakan saat ditemui diruang kerjanya Kamis,21/08/19 bahwa, DPMD dalam melaksanakan Tugas dan Fungsinya, selain Pembinaan dan pelaksanaan tugas Pemerintahan di bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, juga ada yang lebih penting yaitu Pemantauan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pembangunan yang menggunakan DD dan ADD.

Program rutinitas pembinaan dari dinas ke desa terkait dengan Anggaran Dana ADD dan DD.

Lanjut ada “Empat Program Unggulan Dari KEMENDESPDT TRANS yang harus di jalankan Pemerintah Desa diantaranya”. Embung Desa, Sarana dan Prasarana Olah Raga Desa (SURGA DESA), Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), dan Program Unggulan Kawasan Desa (Prokades).

Dengan empat program ini pemerintah desa yang harus di perhatikan dan di jalankan di setiap desa sesuai yang di harapkan pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat. kata Surjano.

Ia juga katakan bahwa, yang menjadi perhatian kita saat ini adalah tentang penanggulangan kemiskinan sehingga Dana Desa setiap tahunya ada peningkatan Anggaranya, namun kenapa angka kemiskinan di mateng yang dikeluarkan BPS semakin bertambah inilah yang menjadi perhatian kami di DPMD Mateng agar desa bisa menekan angka kemiskinan melalui Dana Desa maupun ADD yang disediakan. Katanya.

Sujarno, untuk itu DPMD menyambut Program PEMKAB yang telah membentuk Tim Penanggulangan Kemiskinan.
Yang akan mengadakan pendataan ulang melalui Faile Data.

Sujarno berharap terkhusus DPMD mudah mudahan tetap menjadi dinas yang bisa mencapai targetnya yaitu membawa Desa yang Sangat tertinggal bisa menjadi Desa Tertinggal yang tadinya Desa Tertingga menjadi Desa Berkembang, Desa Berkembang menjadi Desa Maju dan Desa Maju menjadikan Desa yang Mandiri harap Sujarno Sekertaris DPMD (ER3/*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed