by

Sambut Kepulangan Jamaah Haji, Polres Mamuju Utara Gelar Rapat Koordinasi

-Polri-625 views

LAPISNEWS.COM, PASANGKAYU – Setelah berada di Arab Saudi selama 45 hari, Jamaah haji kelompok terbang (Kloter) 10 Kabupaten Pasangkayu akan pulang ke Tanah Air. Guna mempersiapkan pemulangan jamaah haji, Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Pasangkayu Tahun 2019 mengadakan rapat koordinasi persiapan pemulangan jamaah Kloter 10 dan Kloter 33 di Aula Ruang Rapat Asisten Pemerintahan dan Kesra Kab.Pasangakayu.Selasa Pagi (20/08/2019).

Rapat diikuti oleh 6 orang PPIH bersama anggotanya Lintas sektoral Seperti dari Pemerintah daerah kabupaten Pasangkayu yang dihadiri oleh Wakil Bupati Drs.H.Sa’al, Asisten I H.Firman H. Makmur, SE., M.Si, Kadis Perhubungan Pasangkayu Nasrun S.Pd., M.Si, Kabag Kesra Murfin Djamaluddi,S.Pd.I, Kemenag Kab.Pasangkayu yang diwakili oleh Kepala Subbag Ktu Nurdin Samad S.Ag, Kapten Inf.Hasan dari Kodim 1427 Pasangkayu, Ipda Firman Sanusi SH dari Polres Mamuju Utara, Perwakilan dari Humas Pemda, Dinas Kesehatan dan Sat Pol PP.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Pasangkayu menyampaikan ” Agar jemaah haji tidak langsung berangkat begitu tiba di Asrama Sudiang namun berikan kesempatan beristirahat beberapa saat karena mereka telah menempuh perjalanan jauh yang melelahkan.

Dan untuk kendaraan pengangkut jamaah haji agar dilambatkan atau dikurangi kecepatannya supaya jamaah merasa enak selama perjalanan kembali kepasangkayu .

Sedangkan untuk mobil Bus pengankut jamaah haji sebaiknya memasang spanduk kecil didepan mobil menandakan jemaah kloter 10 Pasangkayu dan jika ada jamaah haji ingin memisahkan diri setelah diasrama Sudiang agar melaporlan kepada panitia PPIH sehingga gampang terdata dan bisa dipertanggung jawabkan ketidak hadirannya di kab.pasangkayu.

Sedangkan Jamaah haji dari Pasangkayu yang akan dijemput oleh keluarganya di Asrama Sudiang, kami tidak melarangnya namun agar dikoordinasikan terlebih dahulu oleh pihak panitia supaya memudahkan pendataannya.Tutup Wakil Bupati

Pada Kesempatan tersebut KTU Nurdin Samad juga menyampaikan bahwa Jamaah haji Kloter 10 asal Kabupaten Pasangkayu akan tiba kalau tidak ada halangan pada hari Ahad tanggal 25 Agustus 2019, pukul 04.55 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar yang selanjutnya akan transit beberapa saat di Asrama Sudiang sebelum berangkat ke Kab.Pasangkayu yang kita perkirakan pada Pukul 09.00 Wita.

Melalui Rapat tersebut disampaikan bahwa Tim Penjemput dari Pemerintah Daerah Kab.Pasangkayu akan berangkat ke Makasar pada hari Sabtu pagi menjemput jamaah Haji dengan menggunakan Bus Khatulistiwa dan diperkirakan tiba di Mesjid Nurul Huda Kel.Pasangkayu Pada Hari Senin tanggal 26 Agustus 2019 Pukul 02.00 Wita.

” Sedangkan Untuk koper Jamaah Haji pengangkutannya terpisah dengan menggunakan Truk yang dikawal oleh Personil dari Kodim 1427 Pasangkayu dan bisa diambil di Senin pagi di Kantor Kemenag Kab.Pasangkayu untuk menghindari kesalahan pada saat pengambilan barang karena tergesa-gesah dan kurangnya penerangan.Jelasnya.

Untuk Kloter 10 Jemaah haji yang akan tiba sebanyak 155 orang dan yang akan turun di Makasar yang terdata sementara sebanyak 44 orang sehingga data sementara jamaah haji yang akan langsung ke pasangkayu untuk Kloter 10 sebanyak 111 orang dengan dikawal dan dibackup oleh Personil Polri dan TNI serta Instansi terkait lainnya sebayak 24 Orang.Sedangkan untuk Kloter 33 jamaah akan tiba di bandara Hasanuddin Makassar pada tanggal 10 September 2019 mendatang.

Pada kesempatan tersebut Paur Min Bag Ops Ipda Firman Sanusi juga menambahkan bahwa pada Prinsipnya Personil TNI dan Polri siap melakukan Pengawalan Jamaah Haji dari Asrama Sudiang Makassar dan Personil kami akan berangkat kemakassaar pada hari Jumat mendahului dikarenakan Driver perlu istirahat terlebih dahulu begitu tiba ditempat tujuan sebelum melakukan pengawalan ke Pasangkayu dan mengantisipasi hal-hal diperjalanan ke Makassar. Ujarnya.(Mus/*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed