oleh

Sosialisasi 4 Pilar Merupakan Salah Satu Kegiatan Utama yang Dilaksanakan Oleh Anggota DPD RI

-Nasional-2.826 views

Lapisnews.com, Majene – Majene, Anggota DPD RI Dapil Sulbar Iskandar Muda Baharuddin Lopa, beberapa hari lalu telah melaksanakan sosialisasi 4 pilar Kebangsaan mencakup Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Acara tersebut diselenggarakan di
Kampus STIE YAPMAN Majene dihadiri oleh kurang lebih 150 orang mahasiswa beserta dosen, Ketua jurusan serta Ketua DPRD Kab Majene dengan Narasumber Drs Muhammad Msi ketua jurusan ilmu politik Unsulbar.

Iskandar Muda saat menyampaikan sambutan pada acara itu mengatakan sosialisasi 4 pilar ini merupakan salah satu kegiatan utama yang dilaksanakan oleh anggota DPD RI yang sekaligus merupakan anggota MPR RI.

“Sosialisasi 4 pilar ini memang dirasakan masih perlu diberikan kepada seluruh elemen masyarakat utamanya Mahasiswa sbg generasi muda, mengingat saat ini realita kehidupan sosial, politik, ekonomi dan kemasyarakatan dirasakan tidak lebih baik dari era sebelum reformasi.

Oleh karenanya pengertian terhadap nilai2 yang terkandung dalam 4 pilar perlu terus diberikan dan ditingkatkan “kata Iskandar Muda B Lopa.

Anggota DPD RI dua priode tersebut mengatakan tujuan sosialisasi 4 pilar ini antara lain yaitu: memantapkan dan meneguhkan kembali semangat yang terkandung dalam pancasila sebagai dasar negara, meningkatkan pengertian hal persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI serta meningkatkan kesadaran hukum dan konstitusional dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Iskandar menambahkan, momen kemerdekaan dibulan Agustus mudah2an dapat mempertebal rasa nasionalisme kita serta bisa lebih menghargai nilai-nilai perjuangan bangsa yang telah ditorehkan oleh para pejuang kemerdekaan kita.

Sementara itu Pemateri Muhammad Msi Mengatakan bahwa, jika kita melihat pada bagaimana penegakan hukum hari ini yang bahkan telah menyentuh para pejabat Negara dari Menteri, Bupati hingga Kepala Desa sekalipun maka kondisi ini dapat juga menjadi parameter kemajuan. Hanya saja bagi generasi penerus bangsa penting untuk kita memantapkan nilai 4 pilar sebagai karakter kita sehari-hari.

Tidak dapat dipungkiri memang bahwa patut untuk menjadi keprihatinan kita bersama akan semakin derasnya propaganda beberapa oknum yang gemar dalam melancarkan isu SARA untuk mensukseskan agenda politiknya di tahun politik ini.

Oleh karena itu, penting untuk masing-masing kita dengan semangat 4 pilar ini dapat menjadi agen-agen yang dapat melakukan perimbangan wacana atas banyaknya propaganda negatif yang ada, demikian Muhammad.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed