by

Sosialisasi Saber Pungli dan Pengawas Pungli bagi Para Kepala Desa se-Kabupaten Mamuju Tengah

-Daerah-862 views

LAPISNEWS.COM, Mateng – Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Ramlie Salawat menyebut bahwa peran pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam upaya pemberantasan Pungutan Liar (Pungli).

Hal itu disampaikanya saar membuka secara resmi Sosialisasi Saber Pungli dan Pengawas Pungli bagi Para Kepala Desa se-Kabupaten Mamuju Tengah, Kamis (26/7/2018).

“Sosialisasi yang di gelar di Pendopo Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Mateng dihadiri oleh Kepala Inspektur Inspektorat Provunsu Sulbar, Wakapolres Mamuju, Dir Krimum Polda Sulbar, Irwasda Polda Sulbar, Ombudsman, Danramil Budong-budong, Kepala OPD Lingkup Pemkab Mateng, Para Kapolsek Se Kabupaten Mamuju Tengah, Para Camat Se Kabupaten Mamuju Tengah, Para Kepala Desa Se Kabuoaten Mamuju Tengah.

Ramlie Salawat katakan, agar semua pihak khususnya Tim Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Mateng untuk bekerja dengan tegas dan jujur dalam rangka memberikan pemahaman kepada pemerintah dan masyarakat, demi membangun pemerintahan Kabupaten Mateng yang bersih, jujur dan bebas dari Pungli.

Menurutnya, Peran pemerintah dan masyarakat tentunya sangat penting dalam upaya pemberantasan Pungli, guna mendukung reformasi di bidang hukum dan mewujudkan pemerintahan yang adil dan bersih.

“Mengapa penting adanya Satgas Saber Pungli di Kabupaten Mamuju Tengah, karena pungli sangat merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat, sehingga tak bisa dibiarkan adanya pungli di daerah kita cintai ini, dibumi Lalla’ Tassisara,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli yang diwakili oleh Kepala Inspektur Inspektorat Sulbar Suryadi menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari amanat Peraturan Presiden RI Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Pungli).

“Jadi, Kegiatan Sosialisai Saber Pungli ini, kita akan lebih pencegahan atau pembinaan, supaya tak ada terjadi Pungli dalam pemerintahan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Lanjutnya, Salah satu tugas Saber Pungli adalah membangun sistim pencegahan dan pemberantasan pungutan liar. Pihaknya berharap di Provunsi Sulbar khususnya di Kabupaten Mateng tidak terjadi hal-hal demikian, satgas inilah yang nantinya akan melakukan fungsi pencegahan terhadap praktik Pungli, selain itu satgas juga memiliki fungsi intelijen, penindakan dan yustisi.

“Saya himbau agar kita semua dapat selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat tanpa pungutan tambahan, saya juga berharap agar masyarakat selalu melaporkan segala bentuk tindakan pungli,” himbaunya. (Ysn/*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed