by

Bappeda Mateng Menggelar Sosialisasi Program Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat

-Daerah-727 views

LAPISNEWS.COM, Mateng – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab. mateng menggelar sosialisasi Program Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III yang dibuka Sekkab Askary, diruang Aula Bappeda, Selasa, 03-07-2018.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Tenaga Ahli Program Penyediaan Air Munum Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III Provinsi Sulbar Drs. Nursiah Nukma, M.Si serta Tim Distrik koordinator (Pamsimas) III mateng, OPD terkait, para camat dan kepala desa se-kab. mateng.

Dalam laporan Kepala Bappeda Ishak Yunus, salah satu wujud komitmen Negara kita dalam uud 1945 adalah memajukan kesejahteraan umum, dan telah dituangkan dalam RPJMD kita salah satunya adalah penyediaan Kebutuhan Air bersih dan sanitasi yang layak.

sesungguhnya program pansimas I sudah dilaksanakan sejak tahun 2008 s/d 2012, selanjutnya Pansimas II 2013-2016 desa yang telah menerima yaitu desa paska ada 19 desa, yang kedua 14 desa total 33. desa yang sementara berjalan 11, dan yang diusulkan saat ini berjumlah 12 desa.

desa paskah hasil monitoring terdapat beberapa desa yang memiliki fasilitas yang mengalami kerusakan, dan selanjutnya dalam sosialisasi ini apa kita akan melakukan perbaikan pada sanitasi yang rusak.

“Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Mamuju Tengah Askary, menyampaikan salah satu indikasi dasar program ini dilakukan oleh pemerintah, karena masih banyak masyarakat kita yang kuhusunya tinggal di desa-desa pelosok yang kurang merasakan air bersih.

program ini harus berkelanjutan, salah instrumen tujuan kita dalam pembangunan adalah ketersidiaan Air bersih,  sumber anggaran kita sudah ada, kita juga bisa sharing program, dan itu adalah upaya peningkatan terhadap layanan kita kepada masyarakat.

Ia juga mengatakan, jika ada desa yang mampu mengembangkan layanan Pansimas dari angka penilaian dari 20% menjadi 80% maka kita akan berikan reward,, penghargaan dan itu bisa berupa bantuan anggaran dari APD kita.

beliau berharap, agar program ini berjalan dengan baik. dikerjkan dan selesai tepat waktu, agar dapat secepat mungkin dirasakan oleh masyarakat. tutup.(Din/*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed