by

Diskusi Publik, Dalam Upaya Menghilangkan Mindset Tentang Kinerja Anggota DPD RI Yang Dianggap Santai Selama ini

LAPISNEWS.COM, Mamuju – Dialig Publik, mensosialisasikan DPD RI dalam mewujudkan kinerja konstitussional DPD RI yang bekerja sama Badan Pengembangan kapasitas kelembagaan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dengan LSM Jaringan Masyarakat non Partisan Provinsi Sulbar (LSM JARIMANIS) yang berlangsung di Hotel D’Maleo Mamuju. Senin 07/05/18.

” Acara yang di kemas dalam bentuk diskusi tersebut, di hadiri oleh tim LO calon anggota DPD-RI, dan pengurus partai politik sebagai peserta di Hadiri Anggota DPD RI Perwakilan Sulbar Huh. Asri Anas, sementara Anggota KPU Provinsi Sulbar Adi Arwan Alimin, Ketua Bawaslu Provinsi Sulbar Zulfan Sulo, dan Suryansyah PR 3 STIE Muhammadiyah Kabupaten sebagai pemateri diskusi.

“Usai diskusi Anggota DPD-RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat Asri Anas mengatakan kegiatan tersebut lahir dari hasil diskusinya dengan KPU, sebagai upaya agar calon anggota DPD-RI dapat memahami posisi dan kontribusi sebagai perwakilan daerah di senayan.

“Kita ingin agar seluruh calon DPD, partai politik, memahami posisi  DPD dalam konteks ketatanegaraan, apalagi dengan adanya perubahan Undang-undang nomor 17 yang baru kan, itu menurut saya adalah perubahan yang luar biasa” ucap Asri saat di konfirmasi.

“Ia juga menambahkan,  langkah tersebut juga dilakukan sebagai upaya menghilangkan mindset tentang kinerja anggota DPD yang dianggap santai selama ini, dalam menjalankan fungsi sebagai senator.

“Karna DPD itu ibaratnya kewenangannya terbatas, orang-orangnya harus masuk,  bekal pertamanya harus memahami aspek ketatanegaraan, supaya mereka memahami dengan sungguh-sungguh untuk apa mereka berjuang di DPD” tutupnya

“Asri juga mengatakan bahwa target kita di DPD RI itu yang paling tinggi retingnya itu adalah amandemen Undang-undang dasar yang kelima terutama di pasal 22D, saya berharap kepada tokoh-tokoh. nasional yang paham betul ketatanegaraan, nah saat ini suda banyak yang mau masuk sebagai calon Anggota DPD RI.

“Sementara itu, Ketua LSM Jarimanis Ashari Rauf yang juga sebagai moderator dalam diskusi publik ini menyimpulkan dialok bahwa anggota DPD RI yang nantinya agar serius membangun ikatan-ikatan di daerah dan berkomitmen membantu upaya upaya dalam membangun persatuan dan kesatuan.

Anggota DPD RI mampu mengakregasi dan akomodasi aspirasi kepentingan daerah yang bersifat Nasional, mendorong pemerintah daerah baik kabupaten maupun provinsi untuk membangun koordinasi secara oktimal dalam rangka penyerapan aspirasi dalam percepatan pembangunan daerah, untuk merumuskan dalam musrembang Nasional

“mendorong pemerintah daerah untuk membangun koordinasi antara Kabupaten dan Provinsi dalam rangka membangun kepercayaan Publik bahwa DPD RI dan pemerintah tidak jalan sendiri sendiri, sekaligus berharap agar DPD RI dan DPR RI juga harus maksimal dalam singkronisasi agar aspirasi Masyarakat dan daerah dapat diperjuangkan sacara bersama- sama.

“Ashari juga paparkan agar DPD RI harus aktif dalam menyelesaikan segalah persoalan yang ada di daerah, muali dari persoalan politik, Agama, budayasosial dan sebagainya yang sesuai tugas dan fungsi, dan diharapkan kepada seluruh stekholder yang ada agar berperan berpartisipasi dalam mendorong daerah semakin maju dan berkembang, menuju masyarakat memperoleh kesejahteraan yang sesuai amanah Undang undang dasar 1945.

“dan menjalani proses pemiluh yang demokrasi secara sehat adil dan jujur, bagi peserta pemilu berkomitmen menghindari Money politice, menaati hukum agar hasil demokrasi kita dapat berkualitas, sehingga perwakilan sulbar dapat bermanfaat bagi daerah.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed