by

Lembaga Adat Mamasa Berharap Pilkada Mamasa Dapat Aman

-Daerah-840 views

LAPISNEWS.COM, MAMASA —Gerson Montong Layuk (PLT. Sekretaris Umum Lembaga Adat Kab. Mamasa), mengatakan bahwa Untuk mensukseskan Pilkada Kab. Mamasa 2018 yang berjalan dengan aman, damai dan demokratis ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilaksanakan serta di pedomani antara lain:

“Dalam pelaksanaan Pilkada Kab. Mamasa 2018 harus dilaksanakan sesuai dengan aturan yang ada, karena Negara kita adalah Negara hukum. Di Kab. Mamasa apabila seseorang atau pihak manapun melaksanakan kegiatan atau apapun itu yang dijalankan sesuai aturan maka masyarakat Kab. Mamasa sangat menghargai.

“Gerzon mengatakan juga untuk, Menjungjung tinggi nilai kearifan lokal, masyarakat Mamasa selalu menjunjung tinggi adat dan budaya budaya, selain itu masyarakat Mamasa tidak mau diperlakukan secara kasar atau arogan dan semena-mena. Memang kalau dilihat dari backgraoud kepercayaan agama, masyarakat Kab. Mamasa memang majemuk terpisah dan terbagi dalam beberapa agama seperti Kristen, Islam maupun aliran kepercayaan Mapurondo, namun tetap bermotto pada “Bhineka Tunggal IKa”, selain itu pula masyarakat Mamasa berasal dari satu nenek moyang yang sama sehingga perpecahan atas nama agama sangat sulit dapat terjadi di Kab. Mamasa.

“Penyelengara Pilkada Kab. Mamasa 2018 dalam hal ini KPU Kabupaten Mamasa dan Panwaslu Kabupaten Mamasa melaksanakan tupoksinya harus professional dan proporsional berdasarkan dengan aturan yang berlaku, dan juga integritas serta sikap netralitas tetap dijadikan ajuan dalam bertindak.

“Perlunya sikap Netralitas dari Polri, TNI dan ASN maupun pihak lainya yang berkepentingan, Menolak segala bentuk Politisasi SARA, Black Campaign, Money Politic, Berita Hoax dan Ujaran Kebencian khusunya terkait Pilkada Kabupaten Mamasa 2018.

Semua pihak harus berkomitmen sama-sama berkontribusi menjaga jalanya Pilkada Kab. Mamasa 2018 agar dapat berjalan dengan aman, lancar dan demokratis.

“Untuk mengkikis maraknya Money Politic perlu adanya kesejateraan masyarakat, Untuk semua pihak diharapkan dalam menyampaikan sesuatu kepada masyarakat harus berhati-hati agar tidak menyinggung dan menyakiti hati masyarakat.

“Ia katakan, Lembaga Adat Kabupaten Mamasa akan bersikap netral namun akan ikut membantu dalam pengawasan jalanya proses tahapan Pilkada Kab. Mamasa 2018 dan juga ikut menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif serta akan menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agat ikut mensukseskan Pilkada Kab. Mamasa 2018.”(Jauhar/Zon)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed