oleh

IJS Nilai BI Perwakilan Sulbar Diskriminasi Terhadap Wartawan

-Hukum-1.817 views

LAPiSNEWS.COM, Mamuju — Bank indonesia perwakilan Sulbar mendapat sorotan dari berbagai wartawan di Sulbar, termasuk sorotan dari organisasi wartawan Ikatan Jurnalis Sulbar (IJS). Sebab, BI Sulbar akan menggelar pelatihan wartawan, namun hanya membolehkan wartawan yang hadir, jika telah memiliki sertifikat uji Komperensi dari Dewan Pers.

“Undangan yang ditandatangani kepala Perwakilan BI Sulbar, Dadal Angkoro mengharapkan agar peserta yang hadir dalam kegiatan pelatihan penulisan berita ekonomi, adalah wartawan yang lolos uji kompetensi.

“Saya kira ini bentuk diskriminasi terhadap wartawan, karena tidak ada larangan bagi wartawan untuk meliput berita. Apalagi, ini instansi pelaksana adalah milik publik” ucap Ketua IJS, Irham Azis, Minggu (22/4).

“Irham juga menilai, Uji kompetensi Dewan pers, sementara dalam gugatan, karena dewan pers tidak memiliki kewenangan untuk mengeluarkan sertifikat kompetensi.

“Uji kompetensi jangan jadi dasar, seorang wartawan dikatakan berkompeten. Sebab, jangan sampai ada wartawan yang memiliki Sertifikat UKW, namun tidak menjalankan aktifitas Jurnalistik,” Ucap Irham.

“Sekertaris IJS, Jawaluddin Daeng Paindo menilai kebikakan BI Sulbar, telah mengkungkung kebebasan pers. Apalagi, kegiatan yang akan dilaksanakan adalah pelatihan wartawan, yang mestinya mengajar wartawan yang belum UKW, agar lebih memahami kondisi perekonomian daerah saat ini.

“Saya kira itu kebijakan keliru. Mereka yang lolos UKW tidak perlu lagi dilatih, toh sudah lulus. Yang mesti dilatih itu, mereka yang belum UKW. Saya lihat BI Sulbar, hanya buang anggaran saja, karena kegiatannya bukan untuk mendidik, tapi kepentingan tertentu,” ucap pria yang biasa disebut Awal ini.

“Ketua Dewan Kehormatan IJS, Ashari Rauf mengaku, banyak wartawan yang belum UKW, sehingga diharapkan kebijakan UKW, jangan menjadi prasayarat dalam setiap liputan di instansi.

“Bagaimana dengan wartawan nasional yang belum UKW, tapi menjalankan aktivitas Jurnalis. Di Sulbar sendiri, banyak media kredibel tapi belum UKW, seperti wartawan Tribun Timur, RRI, TVRI dan media-media lainnya. Jadi, bagi saya BI tak perlu menetapkan standar dan mengeluarkan ketentuan bahwa yang bisa ikut dalam kegiatannya justrulah UKW. Itukan aneh namanya” kunci Ashari. (Humas IJS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed