by

Bupati Pastikan Dalam Minggu Ini Pengangkatan Kredit Kepada Petani Sawit

-Daerah, Ekonomi-1,287 views

LAPISNEWS. COM, Mateng – Bupati Kabupaten Mamuju Tengah HM Aras Tammauni, mengatakan adanya pabrik peresmian Pabrik Minyak Kelapa Sawit PT. Wahana Karya Sejahtera Mandiri (WKSM) ini adalah suatu kebanggaan masyarakat Mamuju Tengah karena ini termasuk bagian masyarakt Mamuju Tengah. Anggaplah ini pabrik milik masyarakat Mamuju Tengah karena ini menambah perkapita masyarakat mamuju tengah. “Paparnya.

“Ia mengatakan, pengangkatan kreditnya setelah 1 minggu ini, akan dilaksanakan angkat kredit, dan yang sudah berhasil langsung.

“Aras tekankan itu, Tenaga kerja yang direkrut khusus masyarakat seputaran didaerah ini. Nanti ada perhentian ada daerah luar, wajib hukumnya, perusahaan merekrut orang sini.

“Bupati berharap bisa kerjasama antara perusahaan dan masyarakat, antara pemerintah dengan perusahaan, antara masyarakat dan pemerintah agar mendapat hasil yang baik.

“Direksi WKSM, DJuaman mengatakan bahwa Harapan utama adalah mewujudkan masyarakat sejahtera dan makmur, karena dengan demikian masyarakat bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Dalam hal membantu masyarakat kita membentuk tim khusus yang bekerja setiap hari akan turun ke kelompok tani untuk mensosialisasikan cara panen yang baik .

Karena selama ini saya lihat sekarang ini masyarakat cuma bisa mencapai 19,20 persen. Sebenarnya cara panen yang tepat bisa ditingkatkan lagi 1,2 persen, Secara tidak langsung bisa tambah 10 persen penghasilan masyarakat.

“Djuaman menambahkan, Dalam waktu dekat kita akan pasang papan pengumuman dipabrik setiap kelompok tani yang masuk mana yang terbaik, dan nantinya kita akan berikan intensif, sehingga memacuh mereka untuk lebih semangat lagi.

“Karena panen selisih 3 hari lebih cepat, buahnya mentah otomatis OWnya turun, kalau sabar 3 hari bisa tambah penghasilan. Inilah kita akan turunkan tim bekerjasama dengan Disbun untuk bantu kita sosialisasi.”paparnya

“Kita harapkan tingkat sejahtera sudah dapat dan kita masuk tahap selanjutnya yaitu makmur.

“Pengangkatan kredit untuk masyarakat, kita tidak ada masalah karena perbankan unumnya sudah siap. Satu-satunya harapan adalah pertanian, perkebunan. Tinggal bagaimana kita wadahkan mereka kerena kita bicarakan dengan bank otomatis standar-standar prosedur yang harus kita ikuti. Dan kita bina mereka bersama dengan dinas koperasi bentuk wadahnya.

Masyarakat ini kita jadikan petani swadaya, mandiri, kita sebagai bapak angkat saja mendorong mereka. dengan demikian mereka bisa mendapat aksesfasitas kredit dari bank. Kebetulan Bank kita adalah BNI dan Mandiri dan mereka sangat setuju sekali .

“sistemnya kita masuk saja ketentuan, mekanisme pembelian buah, kita bantu bibit dan nanti kita akan potong dibelakang hari kalau sudah sudah panen, lebih banyak pada mereka, kita hanya mendorong saja. Kita di Plasma dan WKSM komitmen untuk dua hasil 50-50 persen , Kita istilanya sama dan sama-sama menikmati atau untung bersama.

“panen selama musim itu adalah untuk menyelamatkan buah saja sehingga hasilnya itu kita buat peningkatan dalam pengembangan perusahaan, yang saat ini kita suii meniliki pabrik sendiri, jadi hasilnya sudah jelas kita tau, karena beberapa bulan terakhir itu hanya penyelamatan buah saja.” (Uchu )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed