by

dari BPOM dijelas dari 304 ditemukan 1 sampel yang terindikasi berformalin melalui 5 kecamatan yang diteliti

-Daerah-845 views

Lapisnews.com, Mamasa – Pemerintah Kabupaten Mamasa melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Yayasan Pengembangan Masyarakat Mamasa (MCDF) melaksanakan seminar hasil penelitian bahan makanan berformalin di kabupaten Mamasa yang dilaksanakan di Aula Matanan 2, Senin (15/01/2017).

“Dalam kegiatan ini turut hadir Wakil Ketua DPRD Mamasa Marthinus Tiranda, Kadis Kesehatan Dr.Hajai T, Kadis Perikanan, pihak BPOM Mamuju, jajaran OPD, Pengurus MCDF, LSM sekaligus beberapa tokoh masyarakat.

“Dalam bahasa Inggeris Martinus Tiranda selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mamasa menjelaskan tentang pembahasan mengenai bahan terkait mengenai bahan makanan berformalin di Mamasa sudah ada hubungan sejak lama bersama almarhum Victor Pautonan dimana pada saat itu banyak kecurigaan kepada penjual ikan terkait mengenai makanan yang berformalin.

“Dampak yang timbul dari hal tersebut menimbulkan timbulnya kecurigaan terhadap penjual ikan yang ada di Mamasa, hal ini yang menyebabkan muncul rasa tertentu bisa dicoba beberapa jajaran DPRD Mamasa untuk bisa menakar dan mengikuti makanan apa saja yang mengandung formalin dan dampak yang ditimbulkan dalam masyarakat”.

“Lebih lanjut, ia jelaskan adalah kapasitasnya saat ini hadir dalam seminar hasil penelitian bahan makanan berformalin di kabupaten Mamasa bukan sebagai rasa Calon Wakil Bupati Mamasa dan murni bentuk kepedulian terhadap kecurigaan bahan makanan yang ada di Mamasa.

“Sementara itu, Asfar Nuryadin M.Kes selaku staf ahli Bupati Mamasa mewakili Bupati Mamasa menjelaskan kegiatan ini sangat diapresiasi guna menjelaskan kepada masyarakat terkait mengenai isu yang berkembang sehingga tidak terbias kepada hal-hal lain.

Berdasarkan data dari BPOM dijelas dari 304 sampel baik ikan basah, ikan kering dan cumi ditemukan 1 sampel yang terindikasi berformalin melalui 5 kecamatan yang diteliti yaitu Mamasa, Tabang, Nosu, Aralle dan Mambi. (Tian / Y)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed