by

Pemkab Mateng Tanda Tangani Perjanjian Pembiayaan Daerah Dengan PT Sarana Multi Infrastruktur

-Daerah-888 views

Lapisnews. Com,  Mateng – Untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Pemerintah Daerah (Pemda) Mateng tanda tangani perjanjian pembiayaan daerah dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Rabu (6/12/2017).

Penanda tanganan perjanjian tersebut di gelar di Aula Kantor Bupati Mateng di hadiri oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mateng, H. Hasanuddin S, Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Mateng, H. Askary dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Mateng.

Direktur PT. SMI yang diwakili Kepala Devisi Pembiayaan Pemerintah Daerah dan Instansi Lainnya, Erdian Dharmaputra menjelaskan, PT SMI merupakan badan usaha pemerintah di bawah Kementerian Keuangan yang tugasnya untuk membantu percepatan pembangunan infrastruktur di indonesia.

Dia katakan, pinjaman daerah untuk pembangunan infrastruktur jalan yang ada di Kabupaten Mateng, yang di harapkan nanti menjadi pendorong penggerak tumbuhnya ekonomi di Kabupaten Mateng.

“Harapan kami dengan adanya perjanjian pinjaman ini bisa menjadi salah satu awal tumbuhnya Kabupaten Mateng. Sebagai Kabupaten baru, saya pikir sudah seharusnya memberikan contoh bagi daerah-daerah yang sudah lama, tapi sampai hari ini pergerakan pertumbuhan ekonominya masih lambat,” ujarnya.

Dikatakanya juga, Kabupaten Mateng merupakan kabupaten pertama di Sulbar yang melakukan pinjaman ke PT SMI, sehingga semua stake holder untuk ikut mekakukan pengawasan proyek itu.

“Untuk Kabupaten Mateng, hingga saat ini tingkat suku bunganys yang paling rendah dengan posisi 6,8 persen,” pungkasnya.

Sementara Bupati Mateng, H. Aras Tammauni menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada PT SMI karena memberikan suku bunga yang paling rendah yakni 6,8 persen.

“Pinjaman ini untuk membiayai pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan penghubung desa dan kecamatan. Karena akses jalan penghubung antara desa dan kecamatan,” urai H. Aras.

“H. Aras juga sampaikan bahwa masa pinjaman selama 4 tahun. Tetapi dalam tiga tahun harus sudah dilunasi, mengingat masa jabatanya sebagai Bupati tinggal 3 tahun. Selain itu dirinya tidak mau meninggalkan hutang kepada pemerintahan selanjutnya.

“Hal senada di sampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Mateng, H. Hasanuddin S, mengatakan, DPRD memberikan dukungan kepada Pemda Mateng yang telah bekerjasama dengan PT SMI dalam rangka pembangunan infrastruktur di Kabupaten Mateng.

“Kita berharap, kerjasama ini bisa menjadi sebuah momentum yang bisa memberikan kontribusi terhadap daerah dan sekaligus bisa berkepanjangan. Dengan ketentuan kita bisa memberikan sebuah dukungan agar perjanjian ini mendapatkan sebuah kepercayaan,” ungkapnya.(MY/Y)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed