by

RSUD Prov Sulbar Selalu Kekurangan Obat

-Daerah-1,047 views

 

Mamuju-  Direktur RSUD Provinsi Sulbar dr. Andi Munatsir mengatakan saat dikonfirmasi  jumat,  06/10/17 bahwa Kalau kehabisan obat itu tidak sepenuhnya betul,  karena pengadaan obat itu ada dua cara yaitu pertama melalui evertasion yang dilakukan LKPP,  kemudian kedua melalui pelelangan umum.

 

“kemarin ada keterlambat untuk pengadan lelang umum karena sempat batal lelang di ULP.  Setelah batal lelang,  kita lihat terlalu sempit waktu jadi saya menyurat ke Inspektorat untuk minta petunjuk bagaimana mengatasi, akhirnya saya mendapat persuratan dari Inspektorat di bulan September untuk boleh melakukan.

 

Ia menambahkan bahwa Kalau melihat jumlah pasien yang terus meningkat jadi memang obat yang kita butuhkan setahun 3.5 miliar sedangkan anggaran yang tersedia cuma 1.7 miliar jadi memang tetap akan terjadi kekurangan.

Kita berharap di APBD Perubahan ini ada penambahan untuk pembelian obat.

 

“Untuk mengatasi  persoalan tersebut,  pihak rumah sakit kerjasama dengan apotik luar rumah sakit yang bisa membekap kalau obat dirumah sakit tidak ada,  namun semakin hari semakin besar utang yang harus di tanggung rumah sakit jadi kita putuskan stop live sambil menunggu obat yang dikirim oleh distributor.

 

Lanjut Ia sampaikan,  Rumah sakit selalu belajar dari kesalahan tetapi perencanaan yang kita mintakan, sebagai contoh tahun 2017  yang disusun kebutuhan obat sebanyak 3,5 miliar tetapi yang dipenuhi 1,7 miliar jadi memang akan selalu kekurangan.

 

“Rumah sakit membuat perencanaan cukup semua untuk 12 bulan namun persoalannya uangnya tidak cukup diberikan. Jadi harus ambil uang dari mana? Karena ini bukan tanggubgjawab rumah sakit. Persoalan uang tidak cukup itu dari TAPD bukan pihak rumah sakit karena kami cuma merencanakan.

 

Saya punya tanggung jawab untuk jasa medis, kalau jasa media tidak terbayarkan itu urusan rumah sakit. “Tutupnya. (ady)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed